Sawangan Bersholawat Dalam Rangka Menyambut Maulid Nabi 1446 H

Sawangan Bersholawat Dalam Rangka Menyambut Maulid Nabi 1446 H

Pemerintah Desa Sawangan berkolaborasi dengan Pimpinan Ranting NU, Muslimat NU, GP Anshor, Fatayat NU, Banser dan Karangtaruna Desa Sawangan menggelar acara bernuansa relegi berupa “Sawangan Bersholawat Bersama Ustad Mabni Rukhama (Gus Ahong)” dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H.  Masyarakat Desa Sawangan beserta jajaran Pemerintah Desa berbaur bersama menggemakan kalimat mulia. Bershalawat kepada junjungan Nabi sambil mengharapkan Rahmat Allah yang maha kuasa. Berkumpul penuh optimis, bahwa melalui lantunan shalawat akan terkabulkan segala do’a dan permintaan. Butiran-butiran shalawat yang membahana di ruang jagad raya akan menjadi kunci pembuka pintu langit untuk menghujani kebaikan.

Atas dasar ini kolaborasi Pemerintah Desa Sawangan Bersama berbagai macam Organisasi Masyarakat (Nahdatul Ulama) sangat percaya diri melangkah maju menyukseskan hajat bersama dalam hal ini “Sawangan Bersholawat”. Mengedepankan suasana relegius dalam membangun desa agar terwujud masyarakat yang damai sejahtera. Terbangun sebuah desa yang damai dalam kesejahteraan dan sejahtera dalam kedamaian.

Acara Sawangan Bersholawat ini bertujan untuk menggembirakan masyarakat yang sudah sangat rindu akan agenda kegiatan seperti ini, dikarenakan terakhir kali diadakan acara serupa sejak sebelum Covid-19 memanas. Sesuai budaya, masyarakatnya merasa terhibur dengan alunan shalawat. Walau sudah berkali-kali, gema shalawat kembali membahana dengan menghadirkan pemandu shalawat yang sudah kondang di wilayah Kabupaten Banyumas. Ustad Kelahiran Banyumas Jawa Tengah ini yang karena pembacaan shalawat membuatnya tersohor di wilayah Kabupaten Banyumas. Telah rutin tampil dalam gebyar shalawat bersama para pecinta Rasul.

Wejangannya sangat santun saat mengajak orang berbuat baik dan meninggalkan kemunkaran. Ilmu agamanya lumayan dalam dan retorika penyampaian dakwahnya juga komunikatif. Selain banyak memiliki potensi yang membuat orang menghormati dan bersimpati. Hal ini yang mendorong kebanyakan orang menyukainya. Kalangan pejabat hingga masyarakat biasa. Kelompok santri hingga masyarakat awam bidang agama. Orang shaleh maupun yang pernah berbuat salah. Merka rindu mendengarkan wejangan dan lantunan shalawatnya.

Beliau tidak lain adalah Ustad Mabni Rukhama (Gus Ahong), yang dengan pesonanya membawakan lantunan sholawat indahnya dapat menggiring Masyarakat untuk menghadiri acara Sawangan Bersholawat di Lapangan Desa Sawangan dengan penuh kegembiraan dan nuansa penuh kehikmatan. Bersama grup hadroh Yartakhi Qolb Cilacap, sebagai pengiring lantunan sholawat menambah syahdu dalam acara Sawangan Bersholawat.

Tidak heran ketika Kolaborasi antara Pemdes dan Organisasi Keagamaan menghadirkannya dalam acara “Sawangan Bersholawat” pada malam Kamis, 11 September 2024, pengunjungnya membludak. Ribuan pengunjung memadati Lapangan Desa Sawangan yang menjadi tempat berlangsungnya acara sholawat. Mereka datang dari berbagai desa, kecamatan dan kota. Ribuan pengunjung informasinya tidak hanya masyarakat Desa Sawangan, juga dari Desa  lain dan bahkan Kecamatan lain. Mereka datang sengaja ingin menyaksikan langsung penampilan Ustad Mabni Rukhama (Gus Ahong). Bershalawat bersama selurih lapisan Masyarakat dan segenap hadir sambil mengharap ridha dan rahmat Allah.

Lebih menggairahkan lagi bagi para pengunjung, acara ini dihadiri langsung oleh Forkompimcam Kecamatan Kebasen. Acara ini menjadi moment berkumpulnya semua kalangan. Umara (para pejabat pemangku kebijakan), ulama (orang-orang berilmu), aghniya (para pengusaha), para aparat sipil pekerja dan para pendo’a. Semua berkolaborasi dalam satu acara dan dalam tujuan . Terselenggaranya acara ini dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H.

 

Related Posts

Komentar